Jumat, 01 Februari 2013

Jepang dan Beasiswa


Jepang dan Beasiswa


yang saya tahu sih, jepang termasuk negara yang paling rajin nyumbang dana untuk memberi beasiswa kepada para mahasiswa asing. ada beberapa tujuan sih kenapa negara jepang lebih senang menarik mahasiswa asing untuk belajar disana ketimbang ia mengirim para mahasiswanya untuk belajar ke luar negeri.


Pada saat ini sekitar 2000 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Sejak bulan November 2012 kemarin, Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) kembali membuka kesempatan bagi para guru dan mahasiswa yang ingin belajar ke negeri Sakura tersebut.

Informasi mengenai Beasiswa Pemerintah Jepang (MONBUKAGAKUSHO) TAHUN 2012 untuk Program Penataran Guru untuk keberangkatan tahun 2013 dapat dibaca lebih lengkap DI SINI. Pendaftaran ditutup pada tanggal 25 Januari 2013.

Sedangkan informasi mengenai Beasiswa Pemerintah Jepang (MONBUKAGAKUSHO) TAHUN 2012 untuk Program Japanese Studies untuk keberangkatan tahun 2013 dapat dibaca lebih lengkap DI SINI. Pendaftaran ditutup pada tanggal 25 Januari 2013.

Gambaran soal-soal ujian tertulis Beasiswa Monbukagakusho bisa dilihat DI SINI.

Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan melalui email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp atau Telepon 021 – 3192 4308 ext. 175 atau 176. (http://www.id.emb-japan.go.jp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar